INFO
Rabu, 26 Jun 2024
  • Selamat Datang di Website Resmi PC. LP. MAARIF NU Gresik

Libatkan Pustakawan Sekolah/Madrasah, LP Maarif NU Gresik Gelar Bimtek Pengelolaan Perpustakaan

Diterbitkan : - Kategori : Uncategorized

Demi meningkatkan kualitas pendidikan di lingkungan Ma’arif NU khususnya dalam bidang literasi, Pengurus Cabang Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Gresik menggelar bimbingan teknis perpustakaan.

Kegiatan bimtek perpustakaan ini bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan Provinsi Jawa Timur. Adapun sebanyak 70 peserta yang merupakan pustakawan perwakilan sejumlah sekolah dan madrasah Ma’arif NU di Gresik mengikuti kegiatan tersebut.

Dalam prosesnya, bimtek pengelolaan perpustakaan ini berlangsung selama dua hari yakni pada Sabtu – Ahad, 9 – 10 September 2023, bertempat di Aula Idham Khalid, SMA NU 1 Gresik.

Memberikan sambutan pembuka secara daring, Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Jawa Timur, Ir. Tiat S. Suwardi, M.Si., mengajak seluruh peserta untuk terus melangkah terlebih dahulu dalam mengelola perpustakaan.

“Kita harus memulai dari sekarang untuk menyeriusi mengelola perpustakaan, tidak usah terpaku harus memiliki gedung dulu, mulailah dengan kondisi yang ada,” imbau Ir. Tiat dalam sambutannya, Sabtu (9/9/2023)

Sementara salah seorang narasumber bimtek perpustakaan, Sri Wahyuni Hastarini S.Sos., yang juga selaku Subkor Pengembangan Kelembagaan Perpustakaan Dinas Perpustakaan Provinsi Jawa Timur, menyampaikan bila pemenuhan standar membutuhkan proses.

“Upayakan kita mengelola perpustakaan yang mendekati standar. Semua itu membutuhkan proses dan tidak bisa serta merta sekejap langsung bisa jadi baik,” kata Sri Wahyuni

Pada gilirannya Ketua PC LP Ma’arif NU Gresik, H Muhammad Mujib, M.Pd.I., m

enyampaikan perpustakaan yang ada di sekolah Ma’arif NU perlu ditata dengan sebaik mungkin.

Menurutnya, sekol

ah atau madrasah perlu memerhatikan perpustakaan yang sesuai atau memenuhi kebutuhan yang diinginkan peserta didik. Tujuannya, kata H. Mujib, agar anak didik bisa betah, senang dan nyaman ketika berada di perpustakaan.

“Saya harapkan kesempatan ini dapat digunakan peserta untuk memelajari dan sharing dengan narasumber, apa saja yang perlu ditingkatkan dari kondisi riil perpustakaan di sekolahnya masing-masing. Begitu pula komponen sekolah juga harus mendukungnya,” harap H. Mujib.

Salah satu peserta mengungkapkan bahwa kegiatan Bimtek Pengelolaan Perpustakaan ini sudah sangat dinantikannya.

“Senang sekali dapat terlibat dalam kesempatan yang sudah kami nantikan bagi kami pustakawan. Mudah-mudahan materi yang akan disampaikan selama dua hari ini mampu kami serap dan tentunya bisa diaplikasikan di lembaga kami,” ungkap Rika, pustakawan dari MTs Ma’arif Sidomukti Kebomas Gresik.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar

Post Terkait